http://mrbarpirate.blogspot.com/ -->

Sabtu, 05 Mei 2012

PENEMU BOLA LAMPU PERTAMA BUKANLAH THOMAS EDISON



Siapa yang menemukan bola lampu?...... Bukan , bukan Thomas Edison !!. Light bulbs - dalam lampu listrik ber-merk Starr - yang digunakan 50 tahun sebelum Edison mempunyai hak paten pada tahun 1879.Melainkan penemu Inggris Joseph Swan dianugerahi hak paten bohlam setahun sebelumnya.Edison hanya melanjutkan untuk mendapatkan uang besar dari bola lampu tapi Swan Edison digugat atas pelanggaran dan menang.


electriclamps
penemuan Joseph Swan's 1878 (kiri) dan Thomas Edison tahun 1879(kanan)


Sebagai bagian dari penyelesaian tersebut, Edison terpaksa mangangkat Swan sebagai mitra, tetapi kemudian membelinya di perusahaan yang menjadi General Electric.
Pada 1883, Kantor hak Paten Amerika Serikat memutuskan bahwa hak paten Edison pada bola lampu mungkin telah didasarkan pada William Sawyer dan tidak valid.Ini tidak berarti bahwa Edison mencuri gagasan: ada banyak contoh orang yang berbeda memikirkan konsep yang sama di waktu yang sama.
Thomas Alva Edison (1847 - 1931) jelas bukan orang malas.Dia mengajukan 1.093 hak paten, termasuk untuk kereta api listrik dan kamera film. Ketika ia meninggal pada tahun 1931,ia memegang 34 hak paten untuk telepon,141 untuk baterai,150 untuk telegraf dan 389 hak paten untuk lampu listrik dan kekuasaan. Tidak seperti Leonardo da Vinci yang tak pernah melanjutkan dan membuat hak paten atas penemuannya,Edison bukan hanya masternya teori . Dia menciptakan istilah: "Genius adalah 1% inspirasi dan 99% keringat" Dia juga berkata: "Tidak ada peraturan di sini.. Kami mencoba untuk menyelesaikan pekerjaan."


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

One Piece LogoOne Piece Logo